6 Tips Menginap di Hotel saat Pandemi

  • Whatsapp

6-Tips-Menginap-di-Hotel-saat-Pandemi
Saat pandemi Covid-19 yang belum pasti kapan akan berakhir, tentu ada rasa bosan jika Anda harus selalu berada di rumah. Terkadang, mungkin terbersit keinginan untuk melancong apalagi saat
long weekend. Tetapi, hal ini tentu menimbulkan risiko tinggi bagi kesehatan Anda. Salah satu alternatif untuk tetap bisa berlibur adalah dengan staycation dan melakukan booking hotel untuk menginap ala turis di kota sendiri.

Menginap di Hotel untuk Staycation dengan Nyaman

Hotel untuk staycation tentu harus senyaman mungkin agar Anda dapat istirahat secara maksimal dan dapat merasa segar saat bekerja kembali. Staycation sebenarnya merupakan suatu cara untuk mendapatkan suasana baru selain di rumah. Tujuan cara berlibur ini adalah menghilangkan jenuh serta menikmati fasilitas yang mungkin tidak Anda temukan di rumah sendiri.

Agar kunjungan ke hotel aman, berikut adalah beberapa tips untuk memilih hotel dan perlindungan diri untuk staycation saat pandemi:

1. Protokol Kesehatan Ketat dan Jelas

Saat pandemi, protokol kesehatan sangat penting untuk menjaga kebersihan dari virus-virus berbahaya, termasuk Corona. Sebelum memesan hotel, kunjungilah situs hotel untuk mengetahui protokol kesehatan yang dilakukan hotel tersebut.

Standar protokol kesehatan sebaiknya mengacu pada World Health Organization (WHO) dan juga standar kesehatan dari Kementerian Kesehatan. Anda juga berhak menanyakan langsung apa saja yang dilakukan oleh hotel tersebut sebagai standar kebersihannya.

2. Selalu Membawa Desinfektan Sendiri

Sebelum pandemi, tentu kebersihan hotel dengan reputasi yang baik tidak dapat diragukan. Tetapi, saat pandemi seperti ini, Anda sebaiknya lebih berhati-hati dan waspada.

Hotel merupakan tempat umum dan banyak orang dengan berbagai latar belakang berkunjung ke tempat tersebut. Hampir semua permukaan di hotel tentu telah disentuh oleh banyak orang. Meski pihak hotel rutin membersihkan, tetapi mungkin saja ada bagian-bagian tersembunyi yang terlewat.

Untuk mengantisipasi hal ini, Anda dapat membawa desinfektan sendiri dari rumah. Lakukan penyemprotan pada permukaan yang sekiranya dapat terlewati untuk dibersihkan, misalnya seperti tombol lift atau teralis balkon kamar Anda.

3. Tidak Memilih Kamar yang Baru Digunakan

Untuk booking hotel di saat seperti ini, Anda sebaiknya menanyakan dahulu kapan kamar tersebut terakhir digunakan. Oleh karena itu, jangan booking hotel secara spontan atau mendadak.

Setidaknya, pesanlah kamar hotel yang telah kosong selama kurang lebih tiga hari sejak terakhir digunakan. Di permukaan yang berbeda seperti besi, kain, atau kayu, virus corona dapat bertahan selama beberapa waktu tertentu. Anda juga dapat menggunakan jasa pembersihan hotel tambahan sebelum check in.

4. Kamar dengan Sirkulasi Udara yang Baik

Sirkulasi udara yang baik dapat mengurangi risiko virus corona. Pilihlah kamar dengan jendela besar yang dapat dibuka atau kamar dengan balkon. Saat Anda tiba di kamar, segeralah buka jendela atau balkon agar sirkulasi udara berganti.

5. Membawa Peralatan Sendiri

Agar tetap steril dan membantu untuk mengurangi penyebaran virus, Anda dapat membawa peralatan mandi sendiri dari rumah seperti handuk, sabun mandi, dan sikat gigi. Anda juga dapat membawa kain pelapis untuk bantal atau sprei agar lebih nyaman.

6. Memanfaatkan Room Service

Untuk menghindari keramaian saat makan, gunakanlah layanan kamar sehingga Anda tidak harus melakukan kontak fisik dengan banyak orang. Hindari juga tempat-tempat dengan banyak orang pada saat di lingkungan sekitar hotel. Apabila Anda ingin ke tempat umum, pilihlah ruangan terbuka sehingga dapat menjaga jarak dengan orang lain.

Melakukan booking hotel untuk staycation merupakan alternatif liburan tanpa harus meninggalkan kota tempat tinggal. Selain bersantai dan menikmati fasilitas hotel sebelum kembali ke rutinitas, tentu cara ini akan berkali lipat lebih hemat dibandingkan pergi ke luar kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *